Warga Pinggiran Kali Ciliwung Bersyukur Terima Banpres Sembako

Warga Pinggiran Kali Ciliwung Bersyukur Terima Banpres Sembako

BOGOR (5 Agustus 2020) - Munculnya pandemi COVID-19 memang menimbulkan dampak yang luar biasa bagi semua orang, tak terkecuali warga di bantaran kali Ciliwung di Kelurahan Katulampa.

Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI sekaligus sebagai anggota OASE Kabinet Indonesia Maju Grace Batubara kembali menyusuri perkampungan warga yang tinggal di pinggiran kali Ciliwung RW 01 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

"Ini adalah giat kami, kami turut ikut ke bawah untuk menanyakan apakah masih ada warga yang belum mendapatkan bantuan. Maka dari itu kami hadir disini untuk menyerahkan paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Semoga ini bisa meringankan beban yang memang sedang dirasakan saat ini," jelas Grace Batubara.

Sebanyak 366 paket bantuan sembako presiden disalurkan bagi warga terdampak COVID-19 yang berada di RT 05, 06, dan 08 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Sebagian besar warga RW 01 Kelurahan Katulampa merupakan pekerja harian lepas yang pemasukannya tidak menentu setiap harinya. Ketua RT 08,  Sutrisna Budianto (48), juga menjelaskan bahwa banyak warganya yang dirumahkan, salah satunya tukang bangunan yang saat ini sudah tidak ada kegiatan akibat COVID-19 ini.

"Warga disini yang merupakan para pekerja lepas, buruh harian, tukang bangunan hanya mengandalkan bantuan pemerintah dan donasi. Bantuan ini semoga dapat sedikit mengobati dampak dari Covid-19," imbuh Sutrisna.

Dengan keadaan warganya yang tinggal di bantaran kali dengan perekonomian menengah ke bawah, Sutrisna mencoba untuk berperan aktif dalam memberikan data by name by address bagi warganya yang belum mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat mapun daerah.

Salah satu warga RT 08, Ibu Yahya Rohayati (55) hampir saja meneteskan air matanya ketika tau ia mendapatkan bantuan sosial sembako presiden.

"Alhamdulillah bersyukur ada bantuan untuk menyambung hidup. Terimakasih pak Menteri, pak Presiden. Banyak terima kasih atas bantuannya," jelas Ibu Yahya.

Tak banyak yang diharapkan warga kelurahan Katulampa, mendapatkan bantuan untuk bisa menyambung hidup di hari esok sudah membuat mereka sangat bersyukur.

Lain halnya dengan ibu Eriska yang sering memanfaatkan apa yang ia punya di halaman rumahnya untuk menjadi makanan lauk pauk tiap harinya.

"Saya teh apapun yang saya punya saya jual, saya makan. Kadang saya potong ayam di depan rumah saya itu buat makan kami semua. Makanya saya seneng sekali dapet bantuan ini karena tetangga saya juga bisa dapet bantuan semua," jelas Ibu Eriska.

Ibu Eriska juga menambahkan bahwa bantuan sosial kali ini diberikan merata bagi semua warga RT 05, 06, dan 08. Bahkan dirinya tak percaya bahwa tak ada satupun warga yang tertinggal. Terima kasih Ibu Menteri, Bapak Menteri dan Bapak Presiden.

Dalam kesempatan ini pula, Grace Batubara menyempatkan diri menyapa  warga dan menyalurkan bantuan langsung ke rumah warga di sekitar bantaran kali Ciliwung.

Beliau berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan berharap keadaan bisa kembali pulih seperti sedia kala.  

Turut hadir dalam kegiatan Ibu Oom Edi Suharto, Ibu Lili Nazarudin, Ibu Syifa Asep Sasa, Ibu Mardiati Syahabuddin, dan Kepala Bagian OHH Sekretariat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial.


Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
OHH Dayasos ; Annisa YH
Penerjemah :
OHH Dayasos

Bagikan :