Disamping sebagai salah satu Panti Percontohan dan Rujukan serta Rehabilitasi Sosial bagi Remaja Terlantar Putus Sekolah milik Kementerian Sosial RI, Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Bambu Apus Jakarta juga sebagai wadah kegiatan remaja dalam meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat. Untuk meningkatkan kemampuan remaja putus sekolah yang di rehabilitasi di dalam panti, PSBR Bambu Apus mempunyai program pendekatan untuk remaja, seperti Sport Therapy, Art Therapy, Sport Therapy, Vocasional Therapy, Psikososial Therapy, dan Spiritual Therapy.

Dalam pelaksanaan program-program tersebut selain Pekerja Sosial, PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) atau biasa disebut Honorer juga turut membantu mendukung pelayanan dalam panti baik secara sarana maupun prasarana. Mereka adalah para Petugas Keamanan, Petugas Pendamping Non PNS, Pembimbing Mental, Para Instruktur Vokasional, Juru Masak, Petugas Administrasi, Pengemudi, Petugas Kebersihan dan Pramubakti. Agar dapat berjalan secara maksimal, terciptanya lingkungan yang bersih, aman serta nyaman dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi panti dalam memperoleh proses rehabilitasi dan pelayanan sosial menjadi lebih baik, PSBR Bambu Apus Jakarta melaksanakan kegiatan Capacity Building Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang diikuti oleh 45 (empat puluh lima) orang di Pulau Tidung Kepulauan Seribu tanggal 8 Agustus 2017.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat tercipta sinergi dan kerjasama yang baik, makin bersemangat bagi petugas PPNPN guna mendukung pelaksanaan rehabilitasi sosial sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, ujar Kepala PSBR Bambu Apus, Ignatia Sri Wuwuh.P. Kegiatan Capacity Building ini juga dapat memacu kinerja petugas agar tidak jenuh dalam menjalani rutinitasnya sehari-hari, ujar Ignatia Ingat : “ Melayani dengan hati untuk mewujudkan remaja mandiri,” sesuai dengan Motto PSBR pungkas Ignatia.

Penulis Berita: 
Jerry Junius Tula
Fotografer: 
Jerry Junius Tula