Kementerian Sosial mengevakuasi pasangan suami istri Joni (55) dan Isa (29) beserta anak-anak mereka ke Rumah Aman milik Kementerian Sosial di Bambu Apus, Jakarta Timur. Seperti diketahui sebelumnya bahwa pasangan Joni dan Isa menjadi viral beberapa waktu belakangan karena sang istri melahirkan di gang sempit yang juga merangkap sebagai rumah mereka.
 
Sehari-hari Joni dan Isa melakukan kegiatan mereka di gang sempit yang terletak di kawasan Tambora, Jakarta Barat. Permasalahan yang dihadapi mereka cukup kompleks, tidak hanya terkait masalah kemiskinan, tapi juga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kecanduan terhadap judi yang dialami sang suami dan keterbelakangan mental yang diidap oleh sang istri.
 
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan rencananya untuk merujuk Isa ke Panti Rehabilitasi Mental untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif, tapi tetap dengan memperhatikan kondisi anak-anaknya, mengingat anak yang paling bungsu masih dalam tahap ASI eksklusif.
 
Menanggapi adanya kekerasan dalam rumah tangga, Menteri Sosial mengatakan bahwa hal tersebut bukan domain dari Kementerian Sosial, apabila masuk dalam tindak pidana maka pihak berwajib yang berwenang melakukan penindakan.
 
Kategori: