Peringatan Hari Pahlawan (Harwan) yang diperingati setiap tanggal 10 November pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apa yang telah diperjuangkan para pahlawan dan pejuang untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia kiranya dapat menggugah bangsa Indonesia untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu negeri hingga kita dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia dan tidak dipandang sebelah mata.
 
Rabu (09/08) Dirjen Pemberdayaan Sosial, Hartono Laras adakan rapat Persiapan Peringatan Hari Pahlawan 2017 di ruang rapat utama lantai 2 Kementerian Sosial RI di Jakarta yang dihadiri oleh Panitia Pusat Hari Pahlawan Nasional Bpk. Agustanzil Sjahroezah sebagai ketum Harwan periode th. 2017, dan beberapa pejabat dari Kementerian Sosial RI.
 
Adapun Peringatan Harwan ini akan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan:
 
  1. Bus On The Street dengan tema "untukmu Pahlawan Kami Hadir" dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2017 yang akan dilepas oleh Menteri Sosial RI dihalaman Kantor Kementerian Sosial RI.
  2. Jelajah Kapal Kepahlawanan dilaksanakan di Surabaya, tanggal 30 Oktober s/d 1 November 2017
  3. Jalan Sehat Kebangsaan, Doa Untuk Pahlawan Bangsa dan Pentas Seni dilaksanakan di Jakarta Area Bundaran HI Jl. Imam Bonjol tanggal 5 November 2017
  4. Olimpiade Pahlawan dilaksanakan di Universitas Indonesia, Depok pada tanggal 8 s/d 9 November 2017
  5. Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional dilaksanakan tanggal 9 November 2017 di Istana Negara Jakarta
  6. Upacara Ziarah Nasional, Upacara Tabur Bunga di Laut dan Ramah Tamah dilaksnakan pada puncak acara tanggal 10 November 2017 yang berlokasi di TMPN Utama Kalibata - Jakarta Selatan.
  7. Ziarah Wisata dilaksanakan tanggal 14 November 2017 di Gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata
  8. Wisata Sejarah dilaksanakan tanggal 21 November 2017 di beberapa lokasi, Kementerian Sosial RI, Monumen Lubang Buaya, dan Museum Satria Mandala Jakarta
  9. Serasehan Kepahlawanan dilaksanakan tanggal 30 November 2017 di Gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata.
"...Hanya bangsa yang menghargai jasa Pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar..." 
Penulis Berita: 
Jeni Ramdani
Fotografer: 
Cecep Zaenal.M