Bekasi (11/8) - Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat menyampaikan bahwa bulan ini akan menjadi, bulan "Agustus Tuntas". Seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan hingga bulan Agustus berakhir. Pada kesempatan tersebut hadir pula Kepala Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta, Benny Setia Nugraha dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Arifin Harun Kertasaputra.

"Jika ada KPM yang belum menerima pencairan tahap satu ataupun tahap dua maka semua dapat dicairkan pada bulan ini, tahap ketiga," demikian yang disampaikan Harry Hikmat pada pengarahan acara penyaluran bantuan sosial tahap tiga Program Keluarga Harapan Kabupaten Bekasi yang di hadiri sejumlah 500 keluarga penerima manfaat (KPM) di Gedung Kompleks Pemerintahan Kab. Bekasi, Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Ds. Sukamahi. Kec. Cikarang Pusat Kab. Bekasi. Yang juga dihadiri Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Total bantuan sosial yang diberikan oleh Kementerian Sosial khusus untuk Kabupaten Bekasi selama 2017 senilai Rp. 189.464.031.600
dengan rincian ; bantuan sosial PKH senilai Rp. 55.925.100.000 bagi 29.590 KPM, bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) senilai Rp. 132.497.931.600 bagi 96.601 keluarga, bantuan sosial bagi disabilitas senilai Rp 837 juta bagi 279 jiwa dan bantuan sosial lanjut usia senilai Rp. 204 juta bagi 102 jiwa.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Perlindungan dan Jaminan juga menyerahkan kartu Program Keluarga Harapan kepada salah satu peserta acara Mikrofon Pelunas Utang, Suci Lestari yang tayang pada 8 Agustus lalu di Indosiar.

Menurunnya angka kemiskinan merupakan indikator objektif dalam melihat peningkatan kesejahteraan rakyat disebuah negara. Beliau berharap bahwa PKH ini dapat didukung oleh berbagai pihak dan disinergikan dengan program bantuan sosial lainnya seperti saat ini karena akan berdampak positif dan efektif dalam mengurangi kemiskinan, demikian tambahan dari penjelasan Harry Hikmat selaku Dirjen Perlibdungan dan Jaminan Sosial. (OHH/Linjamsos)

Penulis Berita: 
ria fakhriah
Fotografer: 
ria fakhriah