Strategi Kemensos Menuju Bebas Anjal 2017

Penanganan masalah anak jalanan (anjal) tidaklah mudah alias pelik. Sungguhpun demikian Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dibawah kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa tetap berkomitmen melayani anjal. Apalagi, anjal memang merupakan salah satu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang memerlukan penanganan khusus.

Kemensos Pulangkan Pekerja Migran Agar Bisa Lebaran di Kampung Halaman

Harapan pulang kampung pada saat lebaran untuk berkumpul dengan keluarga menjadi dambaan bagi semua orang. Tidak terkecuali bagi pekerja migran bermasalah di Malaysia. Setelah menjalani hukuman di Malaysia akibat berbagai permasalahan pelanggaran keimigrasian, sebanyak 138 pekerja migran bermasalah dipulangkan Kemensos RI pada Jumat (23/6) bertepatan dengan H-3 Idul Fitri.

Apa Kebijakan Kementerian Sosial Terhadap Lansia Terlantar di Indonesia?

Salah satu program unggulan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Dit. RSLU) adalah Asistensi Sosial Bagi Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) berupa pemberian dana bantuan sosial sebesar dua ratus ribu rupiah setiap bulan. Sebelumnya sistem pemberian bantuan diberikan secara tunai, mulai tahun ini diberikan secara non tunai melalui bank negara yang ditunjuk dalam bentuk kartu Virtual Account Debet.

Kemensos Pulangkan 7954 Pekerja Migran Bermasalah Dari Malaysia

Sepanjang awal tahun 2017 hingga saat ini, Kementerian Sosial RI telah berhasil memulangkan 7954 pekerja migran bermasalah atau disebut dengan Warga Negara Indonesia Migran Korban Perdagangan Orang (WNI M KPO) yang dideportasi dari Malaysia ke daerah asal di seluruh Indonesia melalui 22 termin.

“Berdasarkan pengalaman jumlah tersebut akan melonjak tiga kali lipat sampai dengan akhir tahun,” ujar Sonny W Manalu, Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang.

Mensos: Anak Keluarga PKH Jangan Putus Sekolah

Madura- Kementerian Sosial kembali mencairkan bantuan sosial PKH kepada 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kabupaten Sampang dan 388 KPM di Patereman Modung Bangkalan Madura. Pencairan bantuan PKH tahap dua  bertepatan dengan kelulusan dan kenaikan kelas agar anak dari keluarga PKH tidak putus sekolah, karena kebutuhan untuk sekolah dapat di topang dari bantuan PKH.
 

Presiden Temui 4 Ribu Keluarga Penerima Manfaat PKH di Jawa Tengah

Wonosobo, 17/6/2017. Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah selama 3 hari dari tanggal 15-17 Juni 2017, Salah satu agenda kunjungan adalah menemui 4 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mendistribusikan bantuan yang dilaksanakan di lapangan Tugu, Kroya, Kabupaten Cilacap, alun-alun Banyumas Lama, Kabupaten Banyumas. alun-alun Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, dan di Pendopo Bupati Kabupaten Wonosobo.
 

358 Jiwa Korban Banjir Bandang Magelang Terima Bantuan Jaminan Hidup

Sebanyak 358  orang korban banjir bandang di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang mendapatkan bantuan jaminan hidup dari Kementerian Sosial yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Sabtu 17/06).
 
Bantuan jaminan hidup yang diberikan berupa uang, sembako dan perlengkapan mandi. Dana yang diserahkan  kepada korban banjir berjumlah Rp 322,2 juta dengan rincian perorangan memperoleh Rp 10.000 per jiwa selama 90 hari