Rabu, 19 April 2017 14:11:21 WIB

Pedoman Pelaksanaan HLUN Tahun 2017

fatonah

 

OLEH :JERRY JUNIUS TULA,SST.

PANDUAN PELAKSANAAN HARI LANJUT USIA NASIONAL (HLUN) TAHUN 2017


A. LATAR BELAKANG

Lanjut usia memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian kesejahteraan dan pembangunan bangsa. Lanjut Usia dengan kapasitasnya sebagai penduduk senior memiliki kebijakan, kearifan serta pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional dimasa mendatang. Oleh sebab itu dalam membangun sistem kehidupan berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan pada ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya yang menghargai peran serta kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat. Undang-Undang No.13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia mengamanatkan bahwa program atau kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia, karena lanjut usia memiliki pengalaman, keahlian dan kearifan untuk berperan serta dalam pembangunan nasional. Salah satu implementasi pembangunan kesejahteraan sosial berorientasi terhadap kesejahteraan lanjut usia adalah dengan menentapkan dan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional. Penetapan dan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Indonesia diperingati setiap tanggal 29 Mei. Penetapan tanggal tersebut adalah untuk mengingatkan nilai historis dan strategis karena pada tanggal 29 Mei 1945 dilaksanakan sidang I BPUPKI yang dipimpin oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. Pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diharapkan dapat dilaksanakan oleh semua masyarakat di Indonesia terutama ditingkat propinsi yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi daerah masing-masing sehingga memberikan manfaat bagi para lanjut usia, keluarga dan masyarakat.

Dalam rangka penyelenggaraan Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2017 agar dapat berlangsung dengan baik, lebih terpadu, terarah, selaras, lancar dan berhasil guna, maka disusun Panduan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2017, untuk kemudian digunakan sebagai pedoman dan panduan bagi instansi terkait, organisasi sosial maupun masyarakat dalam penyelenggaraan HLUN 2017.

B. LANDASAN HUKUM

1. Undang-Undang Nomor : 13/1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

2. Undang-Undang Nomor : 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

3. Peraturan Pemerintah Nomor : 43/2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.

4. Keputusan Menteri Sosial RI. Nomor : /HUK/2017 Tentang Panitia Nasional Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017

C. TUJUAN PERINGATAN HLUN

1. Melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lanjut usia sebagai pemersatu bangsa.

2. Terwujudnya dan meningkatnya kesadaran para lanjut usia dan generasi penerus, keluarga dan masyarakat akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia.

3. Termotivasinya dan bergeraknya para individu, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia dengan mengembangkan jiwa dan semangat kebersamaan.

4. Meningkatnya kerjasama multi sektor baik unsur-unsur pemerintah maupun semua unsur masyarakat pada tingkat Pusat dan Daerah, serta Perwakilan RI di Luar Negeri dalam berbagai upaya yang berkaitan dengan kebermaknaan lanjut usia dalam kehidupan bangsa.

5. Kementerian Sosial RI mengajak peduli untuk berbagi, dengan saling menyapa dan berbagi kebahagiaan kepada lanjut usia.

D. TEMA DAN SUB TEMA HARI LANJUT USIA NASIONAL

1. Tema : Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera

2. Sub Tema: Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia Tema dan subtema mengandung makna bahwa negara memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahtraan lanjut usia, berpihak kepada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lanjut usia serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya dimasyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kepedulian dan pengabdian yang totalitas dari segenap komponen bangsa untuk bersama sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup lanjut usia. Dengan demikian diharapkan pada tahun 2025 akan tercapai Lanjut Usia Indonesia Sejahtera.

E. PELAKSANAAN KEGIATAN

1. W a k t u Rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional dilaksanakan pada Bulan Lanjut Usia antara Bulan April s/d Bulan Juni 2017. Masa bulan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional disebut sebagai “ Bulan Lanjut Usia“

2. Tempat a. HLUN diselenggarakan di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. b. Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat, dilaksanakan bersama dengan Instansi Pemerintah terkait, Pemerintah Daerah, Komnas / Komda Lanjut Usia, Lembaga Lanjut Usia Indonesia, Organisasi Sosial/LSM, Dunia Usaha, dan masyarakat seluruh generasi (dewasa, generasi muda dan anak-anak). c. Keanggotaan Panitia Pusat HLUN Tahun 2017 terdiri dari wakil dari Kementerian/Instansi Pemerintah terkait, Organisasi Sosial, Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan masyarakat.

3. Pembiayaan Sumber pembiayaan untuk peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017 merupakan biaya mandiri yang berasal dari Kementerian/Instansi terkait, Pemerintah Daerah, masyarakat / Organisasi sosial pelaksana kegiatan dan dimungkinkan dukungan dunia usaha baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten / Kota maupun Luar Negeri.

4. Sifat Kegiatan

Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017 diselenggarakan dengan : a. Khidmat, meriah, sederhana dan efisien dan berdampak positif langsung kepada lanjut usia, keluarga dan masyarakat luas. b. Mudah diakses oleh para lanjut usia, keluarga, orang dewasa, generasi muda dan anak-anak di seluruh tanah air maupun di luar negeri.

5. Penyelenggaraan a. Pusat 1). Penyusunan pendauan pelaksanaan Nasional Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2017 2). Pembentukan Panitia Nasional Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2017 ditetapkan oleh Menteri Sosial RI 3). Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017 di tingkat Pusat meliputi: a) Anjangsana ke rumah sakit Anjangsana ke rumah sakit merupakan kegiatan sosial dengan mengunjungi lanjut usia miskin, sakit dan sedang dirawat di rumah sakit. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada pasien lanjut usia agar segera pulih dan sembuh seperti sedia kala. Kegiatan angjagsana dilaksanakan di 15 rumah sakit yang tersebar di 5 propinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dilaksanakan pada pertengahan bulan April 2017. b) Bhakti Sosial Bhakti sosial dilaksanakan dengan memberikan bantuan aksesibilitas/alat bantu, bedah rumah dan bantuan sarana kamar kepada lanjut usia, pemberian paket sandang serta pemeriksaan kesehatan gratis. - Bantuan aksesibilitas/alat bantu Pemberian bantuan aksesibilitas/alat bantu berupa kaca mata, kursi roda, kruk, tongkat kaki 3, kaki palsu dan tangan palsu - Bedah Rumah lanjut usia dan bantuan sarana kamar Bantuan Bedah rumah dan bantuan sarana kamar akan dilaksanakan dibeberapa wilayah yaitu Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Lampung, Bengkulu, Aceh dan Jambi - Pemberian paket sandang serta pemeriksaan kesehatan gratis pada saat pelaksanaan acara puncak HLUN tahun 2017 c) Gebyar Bersama Lanjut Usia Acara Puncak Tingkat Nasional berupa Gebyar bersama lanjut usia akan diselenggarakan pada tanggal 29 Mei 2017 (tentative) di halaman Masjid Baitul Makmur (lokasi MTQ tingkat nasional) Kabupaten Merangin Propinsi Jambi. d) Kampanye Sosial dan Publikasi

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti pentingnya memberikan penghormatan, perlindungan dan kasih sayang kepada para lanjut usia, dan menyebarluaskan informasi serta sosialisasi tentang arti pentingnya memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, dengan kegiatan; - Pemasangan Media Sosialisasi berupa spanduk, umbul-umbul, Banner dan Baligo di Kantor-Kantor Kementerian / Instansi Pemerintah, BUMN, dan tempat-tempat umum yang mudah terlihat dan terbaca oleh masyarakat umum. - Konferensi Pers b. Daerah 1). Pembentukan Panitia Daerah Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017 ditingkat Provinsi yang ditetapkan oleh Gubernur dan ditingkat Kabupaten/Kota ditetapkan oleh Bupati/Walikota. 2). Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2017 di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota disesuaikan dengan kondisi daerah setempat. c. Luar Negeri 1). Pembentukan Panitia Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2017 di luar negeri ditetapkan oleh Duta Besar/Kepala Kantor Perwakilan Negara Republik Indonesia setempat. 2). Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional di luar negeri disesuaikan dengan kondisi setempat.

F. LAPORAN PENYELENGGARAAN

1. Tingkat Pusat menyampaikan laporan kepada Menteri Sosial RI.

2. Tingkat Provinsi menyampaikan laporan kepada Gubernur dengan tembusan kepada Menteri Sosial RI.

3. Tingkat Kabupaten/Kota menyampaikan laporan kepada Bupati /Walikota dengan tembusan kepada Gubernur dan Menteri Sosial RI.

4. Perwakilan Indonesia di Luar Negeri menyampaikan laporan kepada Menteri Sosial RI

P E N U T U P

1. Hal-hal yang belum tercantum dalam Panduan ini akan ditentukan dan dijabarkan lebih lanjut pada ketentuan teknis di masing-masing bidang.

2. Implementasi Pelaksanaan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di daerah masing-masing.

3. Informasi lebih lanjut tentang Peringatan HLUN 2017 dapat menghubungi Sekretariat HLUN 2017 Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia Telp./Fax. (021) 3904774 atau e-mail lansia@kemsos.go.id

Jakarta, Maret 2017

Panitia Nasional Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2017

Share

Berita Terkait : Ditjen Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial

 KEGIATAN CSR PT ISS INDONESIA DI PSBN WYATA GUNA
 PSBK PANGUDI LUHUR RAIH TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK
 Peringatan Puncak HLUN 2017
 PENGUATAN KAPASITAS PETUGAS RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK
 
Pusdatin Kesos - Kementerian Sosial RI
Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat 10430
Page created in 0.206749 Seconds