Kamis, 9 Maret 2017 12:11:06 WIB

Kegiatan Amal Terangi Suku Anak dalam Orang Rimba dan Komunitas Adat Terpencil

jeniramdani

 

Jakarta - (Rabu  8 maret 2017) Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka acara Kegiatan Amal yang di hadiri oleh artis Internasional (AKON), serta Para Pejabat Esellon I. II, Para Pegawai Lingkup Ditjen Pemberdayaan Sosial dan Duta KAT 2017, TKSK, TAGANA, dan perwakilan siswa - siswi dari Sekolah di Jakarta.

Acara bertempat di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap suku anak dalam, Orang Rimba dan Komunitas Adat Terpencil, disamping itu Menteri DPDT " Eko Putro Sandjojo" juga ikut menghadiri acara tersebut.
 

Komunitas Adat Terpencil atau KAT merupakan salah satu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), sehingga menjadi sasaran program pada Kementerian Sosial RI. Berdasarkan data pada Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil tahun 2013, populasi KAT di Indonesia masih cukup besar, yaitu 213.080 kepala keluarga, yang tersebar di 24 provinsi, 263 kabupaten, 1.044 kecamatan, 2.304 desa dan 2.971 lokasi. Kemudian secara kualitas, kondisi KAT sangat memperihatinkan. Pada umumnya mereka menghadapi berbagai keterbatasan untuk hidup layak dan manusiawi. Tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar, mengakses pelayanan-pelayanan sosial, yang menyebabkannya tidak dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan nasional.


Penelitian kebijakan ini berupaya menjelaskan aspek regulasi, program/kegiatan dan kelembagaan/organisasi yang berkaitan dengan pemberdayaan sosial terhadap KAT. Berbagai regulasi dalam bentuk peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan usaha pemberdayaan KAT diidentifikasi, dan dianalisis dalam upaya mendapatkan deskripsi aspek yuridis dalam pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil.
 

 

<>
Share

Berita Terkait : Ditjen Pemberdayaan Sosial

 Mensos Hadiri Temu Penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB)
 Kegiatan Bimbingan Teknis dalam Mengelola Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Lingkup Ditjen Pemberdayaan Sosial
 Simposium Nasional H. Baginda Dahlan Abdullah Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia
 Kegiatan Amal Terangi Suku Anak dalam Orang Rimba dan Komunitas Adat Terpencil
 Pembinaan Pegawai Ditjen Pemberdayaan Sosial di Yogyakarta
Pusdatin Kesos - Kementerian Sosial RI
Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat 10430
Page created in 0.170938 Seconds