Jum'at, 10 Pebruari 2017 15:14:48 WIB

MENSOS MENDAPAT SAMBUTAN MERIAH PENERIMA MANFAAT BANSOS PKH DI AMBON

ria

 

Dalam kunjungan kerja hari kedua di Kota Ambon Provinsi Maluku Kamis (09/02/2017), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Dirjen Pemberdayaan Sosial Hartono Laras, Direktur Jaminan Sosial Keluarga Nur Pujianto, Staf Khusus Menteri Sosial Eko, Direktur K2KS Hotman dan Kepala Biro Humas Adi Wahyono menghadiri penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri. Hadir pula Staf Ahli Gubernur Maluku, Sekretaris Kota Ambon, Perwakilan PT Pos Indonesia serta pejabat Provinsi Maluku lainnya.

 

Kehadiran Menteri Sosial disambut meriah oleh hadirin terutama para penerima bantuan sosial PKH yang didominasi kaum ibu yang telah menunggu sejak pagi di Balai Diklat Provinsi Maluku Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon.

 

Dalam awal laporannya Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial menyampaikan bahwa untuk PKH perluasan dengan komponen Lanjut Usia dan Disabilitas yang dihadirkan saat ini adalah dari Kecamatan Teluk Ambon,sedangkan untuk Provinsi Maluku sudah mulai sejak tahun 2012 dan Kota Ambon mulai tahun 2013.
Penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Kota Ambon semula berjumlah 1590 KPM mengalami perluasan signifikan menjadi 4.598 KPM dengan nilai hampir Rp 8,7 Miliar.

 

Selain itu bantuan sosial lainnya yang terdiri dari Beras Sejahtera (Rastra) untuk 10.139 KPM senilai Rp 13,9 Miliar lebih. Bantuan sosial Disabilitas untuk 116 jiwa senilai Rp 348 Juta dan Bantuan sosial Lanjut Usia untuk 152 Jiwa senilai Rp 304 Juta. Bantuan sosial secara keseluruhan yang disalurkan melalui Kementerian Sosial untuk Kota Ambon tahun 2017 berjumlah Rp 23,2 Miliar.

 

Untuk mendukung PKH, kebutuhan Pendamping menjadi sangat penting, sehingga tahun 2017 ini yang semula berjumlah 10 orang ditambah menjadi 23 orang.

 

Mengakhiri laporannya Dirjen juga menyampaikan bahwa tahun 2017 ini Kota Ambon akan mulai menyalurkan bantuan sosial PKH melalui nontunai dan menyampaikan terimakasih kepada PT Pos yang telah bekerja sama dengan baik serta mengharapkan kepada Pemerintah Kota Ambon paling tidak adanya dukungan operasional PKH sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Sementara itu Menteri Sosial dengan ciri khasnya mengawali arahan dengan menyapa dan menyalami para KPM yang hadir.
"Saya doakan mudah-mudahan putra/putri ibu ada yang jadi Menteri, jadi doktor seperti Dirjen Linjamsos Bapak Harry Hikmat atau jadi PNS Eselon I seperti Dirjen Dayasos Bapak Hartono Laras atau Pak Eko Staf Ahli Menteri yang S1 dan S2-nya di Australia", ujar Menteri. Tentu saja doa tersebut diaminkan dengan serempak oleh peserta yang hadir.

 

"Anak-anak harus berprestasi sehingga punya kesempatan menimba ilmu dimanapun kemudian doa yang tulus, giat bekerja dan tekun, tanpa narkoba insya Allah sukses", tambah Menteri.
"Salam dan pesan buat suami, agar bantuan PKH hanya digunakan untuk kebutuhan ibu hamil, gizi balita dan keperluan sekolah anak",pungkasnya.
Mengakhiri arahannya, Menteri Sosial menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Ambon, Rektor UKIM dan UNPATI yang telah mendukung PKH serta kepada Pendamping PKH yang luar biasa.(wg)

 

<>
Share

Berita Terkait : Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial

 Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial
 Dirjen Linjamsos Kunjungi Korban Bencana Longsor Cililin
 Mensos Siapkan Formula PKH Akses untuk
 Kunjungan Kerja Menteri Sosial di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
 Kemensos Kukuhkan Pembina Tagana Kabupaten Solok, Sumbar
Pusdatin Kesos - Kementerian Sosial RI
Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat 10430
Page created in 0.220942 Seconds