Selasa, 4 Oktober 2016 18:55:01 WIB

Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai TA 2017

priadi

 

 

Pemerintah secara bertahap akan melakukan transformasi Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah/ Rastra menjadi Bantuan Sosial Pangan Non Tunai. Kebijakan ini dilaksanakan bertahap dan pada tahun 2017 menyasar 44 kota, diharapkan pada tahun 2019 akan berlaku secara nasional.

 

Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden yang menyatakan perlunya transformasi pelaksanaan program subsidi Rastra untuk mendukung upaya pengurangan kemiskinan.

 

Untuk mendukung pelaksanaan program tersebut, Kementerian Sosial menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai TA 2017 dengan mengundang Tim Koordinasi Rastra, Dinas Sosial dan TKPKD dari 44 kota yang akan menjadi lokasi pelaksanaan bantuan sosial pangan non tunai TA 2017. Melalui kegiatan ini diharapkan perubahan kebijakan tersebut dapat tersosialisasi serta mewujudkan komitmen daerah untuk mendukung program tersebut.

 

Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai diharapkan dapat meningkatkan ketepatan sasaran, keluarga sasaran penerima manfaat dapat memiliki lebih banyak pilihan dan mendapatkan kualitas pangan yang lebih baik serta memperoleh nutrisi yang seimbang. Melalui program ini, keluarga sasaran penerima manfaat akan memperoleh kartu (e-voucher) yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di outlet yang telah ditunjuk sebagai mitra bank. Ke depannya kartu tersebut akan digunakan dalam penyaluran dana bantuan sosial lainnya, sehingga semua bantuan sosial terintegrasi dalam satu kartu.

 

Sejalan dengan kebijakan tersebut, Kementerian Sosial dalam upaya penanganan fakir miskin melakukan pengembangan e-warong (elektronik warung gotong royong) KUBE PKH. Sinergi antara bantuan pangan non tunai dengan e-warong dan KUBE PKH merupakan langkah strategis pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan yang ditargetkan turun mencapai angka 7-8% di tahun 2019. Penerima manfaat bantuan pangan non tunai dapat membelanjakan bantuan di e-warong. Pada kegiatan Rakor Bantuan Pangan Non Tunai akan dilaksanakan kunjungan ke e-warong di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor sehingga peserta dapat melihat bagaimana keluarga sasaran melakukan transaksi bantuan pangan non tunai di e-warong.

 

 

 

<>
Share

Berita Terkait : Ditjen Pemberdayaan Sosial

 Koordinasi dan Pemantapan Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ( TKSK )
 Peningkatan Kinerja Petugas LK3 dalam penanganan Masalah Psikososial
 Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai TA 2017
 Penutupan Diklat Pembentukan PPNS Kementerian Sosial Bidang Undian di Pusdik Reskrim Lemdiklat Polri Megamendung-Bogor
 Membangun Sinergitas Program Pusat dan Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Sitem Sumber Pendanaan Untuk Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial
Pusdatin Kesos - Kementerian Sosial RI
Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat 10430
Page created in 0.136963 Seconds